Home

Home

100% Desa Akan dibuatkan Website

PDFCetakSurel

Ditulis oleh Admin Berita Selasa, 22 Juli 2014 05:47

Program 1.000 Website desa  GRATIS. yang merupakan program nasional atas kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dan didukung oleh PANDI (Pengelola Domain Internet Indonesia).

Program tersebut disambut hangat oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan,  yang mengkoordinir pendaftaran domain desa melalui Dishubkominfo disetiap kabupaten, kota se-kalimantan selatan .

Tidak tinggal diam, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu , ikut ambil bagian. perihal tersebut mulai pada tanggal 20 Mei 2014 yang lalu, Melalui Surat Nomor: 550/472/Dishubkominfo/V/2014 yang ditanda tangani oleh Kadis Dishub Kominfo, Eka Saprudin, AP, M.AP, ditujukan kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa tentang pendaftaran domain desa Se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Aksi Dishubkomifo Tanbu tersebut, di banggakan oleh Pihak Dishubkominfo Kalsel, yang mengakui bahwa Tanah Bumbu merupakan Kabupaten yang paling antusias mengikuti program ini, karena hanya kabupaten Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan yang mengusulkan semua desa di Kabupatennya untuk didaftarkan domain desa. Perihal Tersebut disampaikan oleh Pihak Dishubkominfo Provinsi Kalsel pada saat Training Of Trainer Migrasi Open House 2014 di Swissbell Hotel Internasional Tgl. 11-13 Juni 2014.

Adapun Proses pendaftaran domain desa, kini dialihkan dari Ruang IT Gunung Tinggi ke kantor sekretariat PPID, Alhasil, Sejak 2 hari terakhir ini 24-25 Juni 2014, Sekretariat PPID mendadak dikunjungi sejumlah pembakal dan sekretaris desa yang sangat antusias agar desanya bisa masuk internet.

Menurut Rizal Martoni, S. Kom, yang merupakan Koordinator Bidang Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Pengurus Cabang Relawan TIK Indonesia Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan “Para pembakal sangat antusias, pasalnya setiap desa di Tanah Bumbu akan di buatkan website desa , dengan adanya website desa, maka profil desa, struktur organisasi desa, peta desa, kultur dan budaya masyarakat serta program-program pembakal beserta perangkat desanya, di setiap desa Se-Tanah Bumbu dapat ditengok melalui jendela dunia maya, dimanapun kita berada”

“Perihal tersebut, sangat membantu proses simbiosis mutualisme antar desa dan masyarakatnya. Adapun proses implementasi program ini, dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama pendaftaran desa di Kabupaten, kemudian pihak Dishubkominfo Tanbu akan meneruskan di tingkat Provinsi kemudian diteruskan ke pusat” Kata Erwin Juanda, S.IP Sekretaris II PC RTIK Tanah Bumbu.

pengurus cabang relawan TIK Tanah Bumbu

Setelah desa tersebut terdaftar, akan dibuat kan website oleh Relawan Teknologi dan Informasi Kabupaten Tanah Bumbu, yang merupakan organisasi hasil prakarsa Dishubkominfo Tanah Bumbu.
Rizal menjelaskan, walaupun kita, berada di Jakarta, Semarang, Banjarmasin, atau dimanapun berada, tetap saja dapat menengok aktivitas setiap desa yang ada di Tanah Bumbu, asalkan desa tersebut sudah memiliki website.

Adapun persyaratannya:.
1.    Mengisi Formulir Pendaftaran yang telah disediakan di Sekretariat PPID, formulir tersebut hanya boleh di Tanda Tangani Oleh Kepala Desa atau Sekretaris Desa.
2.    Membawa Stempel Desa.
3.    Membawa Fhoto Copy KTP Kepala Desa atau Sekretaris Desa.

 

Relawan TIK Indonesia Cabang Tanah Bumbu Mulai Bergerak

PDFCetakSurel

Ditulis oleh Admin Berita Selasa, 22 Juli 2014 05:45

Pengurus Cabang relawan TIK Kabupaten Tanah Bumbu

Dinas perhubungan komunikasi dan informatika (Dishubkominfo) kabupaten Tanah Bumbu, sebagai SKPD yang memprakarsai berdirinya Relawan TIK di Kabupaten Tanah Bumbu, sudah mulai bergerak menjalankan misi kelembagaan.

Formatur kepegurusan TIK Tanah Bumbu menurut Sekretaris I, dalam formatur tersebut bahwa tugas dan tanggung jawab relawan TIK bukanlah hal yang ringan, mengingat relawan TIK mengemban amanah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat baik ilmu informatika, maupun sikap dalam menghadapi perkembangan internet, pembinaan kreativitas masyarakat, hingga pembinaan dalam usaha masyarakat dalam ruang lingkup soft skill and character building. Artinya relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) tidak hanya membutuhkan sarjana komputer saja dalam mengimplementasikan misi kelembagaan. Perihal tersebut sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tanggan Relawan TIK Indonesia.

Oleh karena itu dalam formatur pendirian Relawan TIK Indonesia cabang Tanah Bumbu merangkul berbagai bidang keilmuan.
Relawan TIK Indonesia Cabang Tanah Bumbu dalam formaturnya terdiri dari:
1. Sarjan Ilmu Pemerintahan
2. Sarjana Ekonomi
3, Sarjana Komputer
4. Magister Ilmu Hukum serta
5. Magister Manajemen

Hingga hari ini Selasa, 27 Mei 2014 Relawan TIK terus melakukan konsolidasi untuk merangkul sejumlah bidang ilmu dalam mengemban misi kelembagaan.

Menurut Kabid Kominfo Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Tanah Bumbu, bahwa setelah 149 desa Terdaftar di Pengelola Domain Internet Indoneisa maka tahap selanjutnya akan dilakukan pembuatan website desa se-Kabupaten Tanah Bumbu, dengan demikian pemerintah desa dapat mengekspos perkembangan desanya masing-masing baik dari sudut pandang ekonomi, pemerintahan, maupun publikasi program-program pemerintah desa yang konstruktif dan edukatif, sehingga melalui website desa pemerintah daerah dapat melakukan monitoring kemajuan seluruh desa yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu via internet.

Dalam waktu dekat, pengurus cabang relawan TIK Indoensia Cabang Tanah Bumbu akan membentuk komisariat-komisariat di 10 Kecamatan, kemudian 10 Komisariat di masing-masing kecamatan yang akan bertanggungjawab melakukan konsolidasi dan koordinasi untuk membentuk komisariat di wilayahnya masing-masing, baik ditingkat Sekolah menangah atas, komunitas pemuda maupun pembentukan komisariat berdasarkan kelompok masyarakat. Perihal tersebut sesuai anggaran rumah tangga Relawan TIK Indonesia.

Relawan TIK Indonesia Cabang Tanah Bumbu hingga hari ini telah menerima permohonan sebanyak 81 desa, yang telah mengajukan permohonan untuk dibuatkan website desa. Dari total desa di Tanah Bumbu sebanyak 149  desa, artinya tersisa  68 desa yang belum mendaftar.

 
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL